Minggu, Desember 19, 2010

BISNIS ONLINE


1.         Pengertian Bisnis Online
Bisnis yang dijalankan melalui jaringan internet dengan membuat website berdasarkan profil perusahaan kita. Lebih umumnya adalah semua bisnis yang dihubungkan dengan jaringan internet dan hanya bisa dilakukan dengan adanya koneksi internet.
Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline.
2.         Strategi Bisnis Online
Strategi bisnis online kurang lebih sama saja fokusnya seperti bisnis offline. Apa yang saya maksud dengan focus disini? Yang saya maksud adalah target dari bisnis online itu sendiri. Siapakah pasarnya?Apa produknya?Seberapa besar peluangnya? Itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dicari jawabannya sebelum terjun ke bisnis online.
3.         Pasar  Bisnis Online
Untuk hal ini tentu saja semua orang yang suka online hahahaha, ini adalah jawaban pemula atau jawaban internet marketer yang sedang meyakinkan pembeli. Biasanya internet marketer suka melebih-lebihkan pasar bisnis online. Seperti 100 juta orang di dunia ini suka online, well tidak sepenuhnya salah, cuma tidak tepat saja. Dari semua orang yang online di dunia ini hanya sebagian saja yang suka membeli barang secara online. Kebanyakan dari negara-negara maju, karena mereka telah dibiasakan hidup seperti itu, jadi tidak aneh kalau anak kecil sudah punya kartu kredit sendiri. Tapi pasar yang ada di dunia ini sebagai calon pembeli sudah cukup untuk semua pebisnis online. Perbandingan antara penjual dan pembeli secara online itu paling sedikit 1:1000. Karena itu mereka yang pandai menemukan pasar yang bagus bakal menjadi kaya dalam waktu relatif singkat. Tentu saja pada pasar yang bagus biasanya sudah banyak yang merajai, tapi sekali lagi, bukan berarti habis, bahkan pasar bisnis online lebih besar daripada bisnis offline. Jadi langkah pertama temukan dulu pasar yang ditarget, biasanya kita menggunakan alat riset pasar seperti market samurai, keyword research pro, google keywords tool dan lain lain.
4.         Produk yang Tepat
Setelah menemukan pasar tentu saja kita harus menemukan produk yang tepat, karena kalau barang tidak sesuai permintaan pasar ya bakal ditolak begitu saja atau mungkin hanya akan terjadi sedikit penjualan. Biasanya pebisnis online suka menjual barang dari ebay, amazon, clickbank, commission junction dan lain-lain.
5.         Besar Peluang Keberhasilan
Kita harus mengetahui seberapa besar peluang kita untuk mendominasi pasar yang kita tuju. Apabila kita melihat saingan yang terlalu berat, ya jangan dimasukin pasarnya. Pilih pasar yang relatif mudah tapi cukup banyak pencari produknya. Dengan demikian kita bisa meningkatkan tingkat keberhasilan kita sampai lebih dari 80%.
Semua hal diatas memerlukan riset yang cukup memakan waktu, tetapi apabila sudah terbiasa maka akan menjadi mudah bagi kita dan semakin cepatlah kita melakukannya. Apabila anda ingin mengetahui strategi bisnis online yang tepat dan komperhensif, saya sarankan anda daftar ke Asian Brain untuk mempelajari ilmunya dengan tepat. Untuk referensi mungkin anda bisa membaca artikel saya yang berjudul bisnis online dan peluang .
6.         Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :
  • Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.
Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
·         Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.
Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen
  • Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline.
Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline
  • Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.
Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan
  • Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas,
 Bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima system.
  • Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen,
Dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.
  • Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
Dengan tidak menggunakan karyawan maka dapat meminiisasikan biaya bisnis.
7.         Beberapa hal yang menjadi kelemahan bisnis online, yaitu :
  • Koneksi internet yang mahal, maka para pembisnis online harus bisa menyikapi hal ini, dengan cara memanfaatkan promo-promo di pasaran.
  •  Kurva pembelajaran lama, lebih banyak mengandalkan pengalaman pribadi untuk meraih kesuksesan bisnis online.
  • Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer
  • Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau memilih yang mana.
8.         Perkembangan Bisnis Online dI Indonesia
Seiring Dengan Kemajuan IT di Indonesia Perkembangan Dan Kebutuhan Website Meningkat tajam. Dari tahun ke tahun banyak sekali Instansi, Perusahaan, Pemerintahan, Hotel maupun Usaha Personal yang mulai melirik promosi lewat internet. Tak heran hal itu terjadi karena website merupakan salah satu Kekuatan Brand Bagi dunia usaha. Website Dapat Meningkatkan Nilai Penjualan dan Promosi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jika dilihat dari tren perkembangan dunia usaha online di Indonesia juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tren Online Marketing mengalami tren naik sangat tajam di Indonesia. Dari sekitar 1 Juta Blogger di tahun 2004 menjadi sekitar 50 juta Blogger di tahun 2010 (Sumber : www.alexa.com) dan akan terus naik di tahun tahun selanjutanya karena semakin mudahnya akses internet di Indonesia. Internet marketing sebenarnya sudah populer di berbagai negara maju sejak tahun 1999, dimulai dengan lahirnya mesin pencari dan email web based www.yahoo.com kemudian disusul oleh kelahiran mesin pencari lain yang sekarang sangat familiar yaitu www.google.com sekitar tahun 1998-1999 yang didirikan oleh dua anak muda Lawrence dan Sergrey Brin. Pendiri Google dalam waktu singkat berhasil masuk dalam 30 besar orang terkaya di dunia. Kemudian di tahun tahun selanjutnya berdiri juga website berbasis social bookmarking anatara lain : www.friendster.com yang didirikan oleh Jonathan abram, www.facebook.com Oleh Mark Zukenberg. Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global. Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.
Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online.
9.     Contoh Bisnis online yang sedang pesat berkembang
·         Jasa SEO
·         Bisnis kursus online
·         Bisnis membuat website/blog
·         Bisnis jual komputer
·         Bisnis sepatu lukis