Senin, Oktober 04, 2010

Tugas Pengantar Komputer TI 1B

MICROSOFT ACCESS


Microsoft Access merupakan salah satu software pengolah database yang berjalan dibawah sistem windows. Microsoft Access merupakan salah satu produk Office dari Microsoft yang dapat menangani database dengan skala besar maupun kecil. Dalam pengolahan database, Microsoft Access ini memiliki sarana atau objek-objek yang dapat mempermudah pekerjaan bagi pengguna.
Microsoft Access 2002 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2002 merupakan salah satu program aplikasi basis data (database) paling lengkap dan canggih untuk saat ini, yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengelola database secara lebih mudah. Software Access 2002 pada umumnya tergabung dalam paket software Microsoft Office 2002 yang tersimpan dalam CD-ROM.
Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Access
Kelebihan
Kekurangan
1. Kecepatan untuk memuat aplikasi sederhana
1. Tidak cocok untuk aplikasi yang kompleks
2. Bisa langsung diatur mana yang akan ditampilkan dan mana yang tidak ditampilakn
2. MS Access bukanlah sebuah platform Database yang cepat jika digunakan multi user
3. Kemudahan untuk EDIT,Tambah, dan Hapus
3. Agak susah jika kita menginginkan feature tambahan
4. Tidak terlalu banyak program tambahan, semua bisa dan serba wizard.
4. Orang bisa saja langsung merubah, bahkan menghapus data


MYSQL
MySQL adalah perangkat lunak database server atau sebut saja Database Smart. Database ini semakin lama semakin populer. Dengan menggunakan database ini, data semakin aman dan berdaya guna. Database ini juga banyak dipakai pada web database sehingga data semakin terintegrasi antara database dekstop dengan database web. Untuk menggunakan database MySQL harus menginstalasinya dahulu ke komputer.

Kekurangan dan Kelebihan MYSQL


1. Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows, MacOS dll.
1. Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxfro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut. Dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
2. Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
2. Data yang di tanagni belum begitu besar
3. Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.

4. Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.

5. Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.



A. Perbedaan MYSQL dengan MICROSOFT ACCESS
Perbedaan database ini meliputi :
1.Platform atau system operasi
Pada bidang ini Mysql lebih baik karena dapat digunakan di OS (Operation system) Windows, Linux, Machintosh, dan OS lainnya. Sedangkan Microsoft access hanya dapat digunakan di OS buatan Microsoft seperti Windows XP, 98 , NT , ME/2000 , Vista. Mysql cukup flexible untuk hal ini.
2. Lisensi atau harga
    - MS (Microsoft) Access memiliki lisensi berbayar yang harganya lumayan mahal baik untuk perorangan maupun perusahaan.
    - Mysql memiliki lisensi gratis yang bebas digunakan siapa saja, bagi perusahaan komersial dikenakan biaya yang lebih murah dibandingkan database lain di pasaran.

3. Sifat database
- Penggunaan database Mysql dapat bersifat multi user, mampu menyimpan data dan lainnya.
- Penggunaan database MS.Access hanya sebatas single user saja.
4. Tampilan
- Microsoft Access bersifat program GUI(Graphic User Interface), yang mempunyai warna dan pilihan objek.
- Mysql mempunyai tampilan layaknya DOS, berupa latar belakang hitam dan tulisan putih.
5. Kecepatan
Mysql lebih cepat daripada MS.Access dalam waktu koneksi dan pemrosesan data.
6. Penggunaan dalam internet
Mysql dapat digabungkan dengan web server oleh bahasa pemrograman sedangkan Ms.Access tidak bias.
7. Penggunaan dalam jaringan LAN
Mysql berjalan lebih baik dalam sebuah instalasi jaringan dan cocok untuk membantu setiap client, untuk Ms.Access sulit dilakukan.


B. Persamaan MYSQL dengan MICROSOFT ACCESS
Persamaan database ini meliputi :
1. Cara Pakai
Kedua Software ini sama-sama mudah digunakan dan modul tutorial aplikasi ini sudah sangat banyak beredar di internet.
2. Peredaran
Untuk menemukan software ini sangat mudah mendapatkannya karena memang software ini bukan lagi barang langka, untuk ms.access saat ini yang beredar luas adalah software ’bajakan’, mengingat harga lisensinya yang berbayar dan mahal.


3. Kesalahan program
Kedua software ini mempunyai masalah program yang sedikit bahkan tidak ada. Misalnya dalam mengkoneksikan database tersebut dengan aplikasi visual basic 6.0 lebih mudah dibandingkan menggunakan SQL Server 2000.


Kesimpulan
Microsoft Access Server adalah untuk kompatibilitas / berbagi. . Anda mungkin perlu untuk email seseorang salinan database Anda. Orang lebih cenderung memiliki akses pada komputer desktop mereka daripada SQL Server. . Umumnya Anda hanya akan menemukan SQL Server pada komputer pengembang '/ server atau pada server mesin produksi.Alasan lain mungkin Anda gunakan MS Access, SQL Server adalah uang. . Anda mungkin telah terinstal Microsoft Access sebagai bagian dari Microsoft Office suite.Pembelian SQL Server akan menjadi beban tambahan yang mungkin tidak diperlukan - tergantung pada situasi Anda. SQL Server juga bisa sangat mahal. Untuk menambahkan lebih lanjut, Access digunakan sebagai database lokal & tidak dapat diakses melalui server lain atau lebih dari lokasi terpencil. Singkatnya memiliki sistem GUI front-end [MS-Office] untuk merancang aplikasi dengan cepat, tetapi secara lokal. Anda juga dapat merancang / memodifikasi database akses pada komputer lokal Anda dan meng-upload ke web server di mana situs web hosting ada, tapi ini menjadi pekerjaan yang melelahkan ketika ukuran DB meningkat secara bertahap.
Microsoft Access banyak digunakan & agak dinuat untuk pemula dalm pemrograman DB.
MySQL/MSSQL adalah untuk non-pemula, lebih profesional, jenis orang. Sebenarnya MS Access doperkenalikan oleh Mirosoft untuk kantor kecil yang ingin memiliki DB kecil karyawan, dll. Ketika Anda memasukkan data lebih banyak & lebih ke dalam file akses, kinerja aplikasi mengurangi sehingga membuat proses pengambilan data memakan lebih lama dan tahan lama.


http://wisnupartana.blogspot.com/2009/04/kelebihan-dan-kekurangan-my-sql.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar